Rabu, 17 November 2010

Manfaat Tidur Malam Bagi Kecakapan Balita

Pada usia satu dan satu setengah tahun, balita yang waktu tidurnya lebih banyak di malam hari (daripada siang hari) lebih baik dalam berbagai bidang kecakapan daripada anak-anak yang tidak banyak tidur di malam hari.

Manfaat Tidur Malam Bagi Kecakapan Balita
Foto: Flickr

Penemuan tersebut merupakan hasil penelitian longitudinal baru yang diselenggarakan oleh para peneliti di Universitas Montreal dan Universitas Minnesota.

Studi tersebut yang melibatkan 60 orang anak-anak berumur 1, 1-1/2 dan 2 tahun meneliti pengaruh tidur balita terhadap fungsi eksekutif. Pada anak-anak fungsi eksekutif termasuk kemampuan mengontrol impuls-impuls, mengingat, dan menunjukkan fleksibilitas mental. Fungsi eksekutif berkembang cepat pada usia antara 1 dan 6 tahun, tapi masih sedikit yang diketahui mengapa anak-anak tertentu lebih baik dari lainnya dalam memperoleh kecakapan-kecakapan ini.

"Kami menemukan bahwa tidur balita berhubungan dengan fungsi kognitif yang tergantung pada struktur otak yang berkembang cepat dalam dua tahun pertama kehidupan anak," jelas Annie Bernier yang merupakan profesor psikologi di Universitas Montreal yang mempimpin studi tersebut, seperti yang dikutip dari ScienceDaily (16/11/10). "Hal ini bisa saja mengimplikasikan bahwa tidur malam dalam masa balita memicu pergerakan aliran efek-efek saraf yang memiliki implikasi-implikasi terhadap kecakapan eksekutif nantinya."

Ketika anak-anak berumur 1 dan 1-1/2 tahun, para ibu mengisi buku harian tidur untuk tiga hari yang termasuk pola jam demi jam, tidur sebentar di siang hari, dan terbangun di malam hari. Ketika anak-anak tersebut berusia 1-1/2 dan 2 tahun, para peneliti mengukur kemampuan kecakapan anak-anak tersebut yang mencakup fungsi eksekutif.

Anak-anak yang banyak tidur di malam hari melakukan aktifitas-aktifitas tersebut lebih baik khususnya yang melibatkan kontrol impuls. Hubungan antara tidur dan kecakapan-kecakapan tersebut tetap ada bahkan setelah para peneliti mempertimbangkan faktor-faktor seperti pendidikan orang tua, tingkat penghasilan, dan kecakapan kognitif umum anak-anak tersebut. Jumlah waktu balita terbangun di malam hari dan waktu total tidur tidak ditemukan memiliki hubungan dengan kecakapan fungsi eksekutif balita.

"Penemuan ini ditambahkan ke peneltian sebelumnya terhadap anak-anak usia sekolah yang menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam perkembangan fungsi-fungsi kognitif yang lebih tinggi yang melibatkan korteks prefrontal otak," menurut ibu Bernier.

Penemuan tersebut dipublikasikan di jurnal Child Development.

http://www.srcd.org/
http://tinyurl.com/Infant-Sleep-Regulation

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

"Manfaat Tidur Malam Bagi Kecakapan Balita" - 21.39.00