Senin, 01 November 2010

Masalah Tidur Karena Bergaul?

Orang-orang yang sering bergaul lebih cenderung menderita masalah tidur, menurut penelitian baru.

Masalah Tidur Karena Bergaul
Gangguan Tidur - Foto: Flickr

Para peneliti menemukan bahwa para ekstrovert yang secara teratur bergaul minimal setengah hari, lebih rentan terhadap kekurangan tidur ketimbang para introvert atau mereka yang hidup dalam isolasi.

Studi tersebut yang melibatkan 48 orang relawan, memberi petunjuk bahwa apa yang dialami pada waktu dalam keadaan terbangun mempengaruhi kualitas tidur.

Para relawan dites untuk menentukan jenis kepribadian, setelah itu sebagian ditempatkan ke dalam suatu lingkungan yang kaya sosial dan sebagiannya lagi ke dalam isolasi.

Kualitas tidur mereka kemudian diamati oleh para peneliti dari Pusat Psikiatri Militer dan Neurosains di Institut Penelitian Walter Reed Army di Maryland.

Sebagaimana yang dilansir oleh Telgraph, Senin (1/11/10), Dr. Tracy Rupp yang merupakan pemimpin penelitian tersebut mengatakan: "Para ekstrovert yang terekspos dengan lingkungan kaya sosial menunjukkan kerentanan lebih besar terhadap kekurangan tidur ketimbang para ekstrovert yang terekspos dengan lingkungan yang identik tapi miskin sosial."

"Kemampuan para introvert untuk menahan kekurangan tidur secara relatif tidak dipengaruhi oleh lingkungan sosial.

"Secara keseluruhan, hasil saat ini boleh juga diinterpretasikan secara lebih umum untuk mengemukakan bahwa apa yang dialami pada waktu bangun termasuk interaksi dengan berbagai karakteristik individual mempengaruhi kerentanan kekurangan tidur setelahnya."

Penemuan tersebut dipublikasikan di jurnal Sleep edisi 11 volume 33.

http://www.journalsleep.org/ViewAbstract.aspx?pid=27957

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

"Masalah Tidur Karena Bergaul?" - 15.41.00