Kamis, 04 November 2010

Obat Asma Cegah Penyebaran Kanker Payudara

Obat asma yang biasa digunakan di Jepang dan Korea untuk mengobati asma diketahui mampu menghentikan penyebaran sel-sel kanker payudara yang biasanya tahan terhadap kemoterapi, menurut penelitian baru.

Sel-sel Kanker Payudara
Foto: Flickr

"Tranilas, obat yang disetujui penggunaannya di Jepang dan Korea Selatan telah digunakan lebih dari dua dekade untuk mengobati asma dan gangguan alergis lainnya termasuk alergi rinitis dan dermatitis atopik," kata Dr. Gerald Prud'homme.

Dr. Prud'homme adalah patolog yang memimpin studi tersebut. Dia menambahkan: "Saat ini, studi kami merupakan yang pertama menemukan bahwa obat tersebut mampu menghentikan kanker payudara dari proses penyebarannya serta bagaimana obat tersebut mengincar sel-sel kanker payudara." Demikian seperti yang dikutip dari Physorg, Rabu (03/11/10).

Para peneliti menumbuhkan sel-sel punca kanker payudara yang memberikan peningkatan sel-sel kanker lain dalam pembiakan. Sel-sel tersebut disuntikkan ke dua kelompok tikus termasuk satu kelompok yang juga dirawat dengan tranilas. Dr. Prud'homme dan para koleganya menemukan obat itu mengurangi pertumbuhan tumor utama yang memiliki sifat kanker pada angka 50 persen dan mencegah penyebaran kanker tersebut ke paru-paru. Para peneliti juga mengidentifikasi sebuah molekul dalam sel kanker itu yang terikat pada tranilas dan kelihatannya merupakan penyebab efek anti kanker ini.

Tranilas terikat dengan sebuah molekul yang dikenal sebagai reseptor hidrokarbon aril yang mengatur pertumbuhan sel dan beberapa aspek imunitas. Hal ini membuat obat tersebut bermanfaat dalam mengobati berbagai alergi, penyakit radang dan kanker.

"Untuk pertama kalinya kami bisa menunjukkan bahwa tranilas memberikan harapan bagi pengobatan kanker payudara pada tingkat yang biasanya sangat ditolerir oleh pasien-pasien yang menggunakan obat tersebut untuk mengobati penyakit lainnya," kata Dr. Prud'homme.

"Hasil ini sangat memberikan harapan dan kami sedang memperluas studi kami. Studi-studi yang lebih jauh lagi diperlukan untuk menentukan apakah obat tersebut efektif terhadap tipe kanker payudara berbeda serta kanker lainnya, serta interaksinya dengan obat-obatan anti kanker," tutupnya.

Studi ini dipublikasikan di jurnal PLoS ONE (03/11/10).

http://www.plosone.org/article/info%3Adoi%2F10.1371%2Fjournal.pone.0013831

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

"Obat Asma Cegah Penyebaran Kanker Payudara" - 08.27.00