Senin, 09 Agustus 2010

Anjing Meniru Anda Dengan Sendirinya

Beberapa anjing mungkin kelihatan seperti pemiliknya, tapi semua anjing meniru teman manusianya.

Anjing Meniru Anda

Jika imitasi atau meniru merupakan bentuk paling tulus dari bujukkan atau rayuan, anjing sering menghujani kita dengan pujian. Penelitian baru menunjukkan bahwa anjing dengan sendirinya langsung meniru kita, bahkan bila itu bukan minat terbaiknya untuk melakukan hal tersebut, seperti yang dilansir oleh Discovery.

Penelitian tersebut yang diterbitkan di Proceedings of the Royal Society B memberikan bukti pertama bahwa anjing meniru setidaknya beberapa gerakan dan tingkah laku kita secara spontan dan tanpa dipaksa.

Dengan kata lain, mereka tak bisa menahan diri dengan hal yang menyangkut meniru orang.

"Hal ini menunjukkan bahwa, seperti manusia, anjing merupakan subyek "peniruan otomatis", anjing tidak bisa mencegah kecenderungan untuk meniru penggunaan kepala atau tangan," ujar ketua peneliti Friederike Range dan rekannya.

Sudah lama diketahui bahwa manusia melakukan hal ini, bahkan ketika kecenderungan untuk meniru bersinggungan dengan efisiensi.

"Sebagai contoh," menurut para peneliti, "jika orang diperintahkan untuk membuka mulut segera ketika melihat huruf-huruf "OM" muncul di layar, tanggapannya lebih lambat ketika huruf-huruf tersebut ditampilkan dengan sebuah gambar tangan yang membuka ketimbang ketika huruf-huruf itu ditampilkan dengan gambar mulut terbuka."

Pertama dalam sains, Range yang merupakan peneliti Universitas Vienna bagian Biologi Kognisi dan timnya menguji fenomena ini pada anjing. Sepuluh anjing dewasa dari berbagai jenis bersama pemiliknya dari Austria berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

Semua anjing menerima pelatihan persiapan untuk membuka pintu sorong dengan kepala atau cakar. Anjing-anjing kemudian memperhatikan pemiliknya membuka pintu dengan tangan atau kepala. Terakhir, pemiliknya akan berbaring di lantai dan menggunakan kepalanya untuk menekan ke atas atau ke bawah pintu sorong.

Selanjutnya anjing-anjing dibagi ke dalam dua kelompok. Para anjing di kelompok pertama menerima hadiah makanan ketika mereka meniru apa yang dilakukan pemiliknya. Para anjing di kelompok kedua menerima hadiah makanan ketika mereka melakukan yang sebaliknya.

Semua anjing cenderung meniru apa yang dilakukan pemiliknya, bahkan tanpa hadiah makanan.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa anjing-anjing dalam uji coba memiliki satu kecenderungan untuk meniru penggunaan tangan pemiliknya dan meniru hal itu bahkan tanpa imbalan," kata para peneliti.

Para ilmuwan mengatakan bahwa para pemilik anjing akan melakukan dengan baik mencocokkan pergerakan tubuh mereka, bila mungkin, pada hal-hal dalam jangkauan selama sesi pelatihan.

Sebagai contoh, jika seorang pemilik mencoba mengajarkan anjing untuk berjabat "tangan", orang itu mungkin akan lebih berhasil jika dia mengulurkan tangannya sendiri untuk mempertunjukkannya. Anjing yang melihat hal itu kemudian akan cenderung mengulurkan cakarnya, merefleksikan apa yang dilakukan manusia. Pada titik itu, hadiah makanan bisa diberikan yang akan memperkuat tingkah laku tersebut.

Pemilik juga memperkuat keterikatan dan kerjasama dengan anjing.

Para peneliti mengetahui bahwa manusia memilih tingkah laku orang lain yang dengan mulus meniru bahasa tubuhnya dan pengaruh-pengaruh lainnya," kata Duane Alexander, M.D. yang merupakan ketua Institut National Eunice Kennedy Shriver of Child and Human Development.

Alexander melakukan penelitian lain yang menunjukkan bahwa primata non manusia secara otomatis meniru satu sama lain. Beberapa jenis burung juga melakukan hal ini, tapi mungkin sangat jarang di dunia hewan satu spesies meniru hampir secara tak sadar tingkah laku spesies yang sama sekali berbeda.

Oleh karena itu keterikatan manusia dan anjing mungkin memiliki persamaan.

"Anjing merupakan hewan yang spesial, baik dalam hal sejarah evolusi menjadi dekat dengan manusia dan jangkauan dan intensitas pelatihan pengembangannya oleh manusia," kata Range dan timnya.

"Kedua faktor ini bisa mempertinggi tingkat di mana anjing mengikuti aktifitas manusia," tambahnya, "tapi hasil uji coba saat ini menunjukkan yang terakhir yaitu pelatihan dalam pengembangan yang memainkan peran yang lebih kuat dan rinci dalam membentuk tingkah laku menirunya."

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

"Anjing Meniru Anda Dengan Sendirinya" - 15.14.00