Selasa, 21 September 2010

Prioritas Pria Memilih Wanita

Pria yang menginginkan hubungan jangka pendek lebih tertarik pada tubuh wanita, sedangkan pria yang menginginkan hubungan jangka panjang lebih fokus kepada wajah wanita, menurut penelitian baru yang dilakukan oleh para psikolog di Universitas Texas di Austin.

Prioritas Pria Memilih Wanita

Tubuh wanita pada umumnya menyediakan berbagai petunjuk tentang keadaan kesuburannya, di lain pihak wajah wanita memberikan pengetahuan mengenai nilai reproduktif jangka panjangnya, menurut penelitian sebelumnya. Beranjak dari situ, penemuan baru menunjukkan bahwa pria yang menginginkan hubungan jangka pendek memiliki adaptasi psikologis untuk mencari pasangan yang subur dan yang bisa menghasilkan keturunan.

"Perubahan prioritas pria tergantung pada apa yang diinginkan terhadap pasangannya, jika tujuannya ialah hubungan jangka panjang, maka keistimewaan wajah wanitalah yang lebih penting," kata psikolog Jaime Confer yang merupakan rekan peneliti bersama Carin Perilloux dan Profesor David Buss, seperti yang dilansir oleh Physorg. "Pencarian pasangan merupakan pusat mesin seleksi alam. Penelitian ini membantu mengklarifikasi keinginan orang-orang."

Wanita tidak menunjukkan perbedaan signifikan terhadap wajah atau tubuh ketika mencari hubungan jangka pendek atau jangka panjang, menurut studi yang dipublikasikan bulan ini di jurnal Evolution and Human Behavior.

Penelitian sebelumnya telah memeriksa apa yang membuat wajah dan tubuh menarik, seperti simetri dan rasio pinggang ke panggul. Namun, ini merupakan studi pertama yang melalui eksperimen menganalisa pentingnya wajah dan tubuh secara relatif sebagai suatu keseluruhan.

Dalam penelitian itu, 375 mahasiswa diperlihatkan sebuah gambar orang lain, yang wajah dan tubuhnya disembunyikan, yang digambarkan sebagai yang berpotensi menjadi pasangan jangka pendek atau jangka panjang. Para peserta mempunyai pilihan untuk melihat bagian kepala atau tubuh, tapi tidak kedua-duanya.

25 persen pria yang diminta untuk mempertimbangkan pasangan jangka panjangnya melihat pada tubuh pasangannya. Sebaliknya, 51 persen yang diminta untuk mempertimbangkan pasangan jangka pendeknya memilih untuk melihat tubuh pasangannya.

Confer dan para koleganya memikirkan untuk melakukan penelitian lanjutan di mana para partisipan akan ditanyai apakah mereka mau melihat wajah atau tubuh pria lain yang berpotensi menjadi lawan yang mungkin akan mencuri pasangan mereka. Hal tersebut bisa membantu mengungkap apakah pria dan wanita lebih merasa terancam dengan wajah yang menawan atau tubuh yang baik.

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

"Prioritas Pria Memilih Wanita" - 07.58.00