Selasa, 22 Juni 2010

Teh & Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi teh dan kopi secara teratur dapat secara signifikan mengurangi resiko perkembangan penyakit jantung, menurut salah satu penelitian terbesar mengenai hal tersebut.

Minum Teh dan Kopi

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi seimbang kedua minuman tersebut bisa mengurangi kemungkinan anda mengalami serangan jantung setidaknya di angka 20%.

Pada waktu yang sama, hal tersebut menunjukkan resiko untuk terkena penyakit lainnya seperti stroke tidak mengalami peningkatan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa keuntungan meminum kopi dan teh timbul tanpa meningkatkan resiko stroke atau kematian dari semua sebab," kata Dr. Yvonne van der Schouw yang merupakan profesor penyakit kronis di Universitas Medical Center Utrecth, Belanda.

Untuk melakukan penelitian tersebut, timnya mempelajari konsumsi teh dan kopi pada 37.514 orang dan memantau para partisipan selama 13 tahun untuk memonitor penyakit jantung dan kematian.

Mereka menemukan bahwa teh memiliki dampak terbesar pada penyakit jantung tapi konsumsi kopi juga menguntungkan.

Mereka yang meminum antara tiga sampai enam cangkir cenderung di angka 45 persen menderita masalah koroner dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari secangkir sehari seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian. Meminum lebih dari enam cangkir ada di angka 36 persen menderita resiko rendah penyakit jantung.

Itu merupakan kabar baik bagi para pengkonsumsi kopi juga karena penelitian menemukan bahwa yang mengkonsumsi kopi dua sampai empat cangkir per hari berada di angka 20 persen resiko rendah penyakit jantung.

Para peneliti meyakini bahwa keuntungan kesehatannya terdapat pada antioksidan yang ditemukan di kedua minuman tersebut yang mengeluarkan radikal bebas yang merusak dari tubuh.

Tim tersebut yang hasil penelitiannya dipublikasikan di Arteriosclerosis, Thrombosis dan Vascular Biology: Journal of the American Heart Association, juga mengungkapkan bahwa para peminum teh dan kopi memiliki tingkah laku kesehatan berbeda, lebih banyak peminum kopi cenderung merokok dan kurang diet yang menyehatkan.

Ini merupakan penelitian terbaru tentang manfaat kesehatan relatif dari kedua minuman paling digemari di dunia.

Hal tersebut telah diklaim bahwa minuman-minuman tersebut bisa mengurang resiko beberapa penyakit kanker, diabetes, stres dan bahkan jerawat.

Akan tetapi minuman-minuman itu juga dihubungkan dengan peningkatan rasio kangker, rheumatoid arthritis dan tekanan darah tinggi.

Ellen Mason yang merupakan Perawat Senior Cardiac di Yayasan British Heart mengatakan: "Studi ini memberikan bukti baru bahwa meminum kopi dan teh secara tidak berlebihan adalah tidak berbahaya bagi kebanyakan orang dan bahkan mengurangi resiko anda mengembangkan atau mati oleh karena penyakit jantung.

"Namun, patut diingat bahwa menjalani gaya hidup sehat merupakan hal yang sangat berarti jika anda menginginkan jantung anda dalam performa maksimal.

"Merokok sambil minum kopi bisa membatalkan setiap manfaat, di lain pihak meminum banyak teh di depan TV selama berjam-jam tanpa olahraga tak akan memberikan perlindungan yang banyak bagi jantung anda."

Kategori Terkait:

"Teh & Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Jantung" - 08.14.00